Menurut Saya ……… Para Seniman Youtube

Akhir-akhir ini, sekitar dua bulan belakang, saya sering sekali nonton video dari para artis Youtube. Mereka bukan artis maistream yang memiliki sponsor dari Production House ternama, mereka membuat film indie, dan menciptakan lagu-lagu yang dijual dengan label mereka sendiri. Bahkan yang menjadi pelanggan mereka, saya yakin, lebih banyak dari pada para artis Hollywood atau penyanyi tenar dunia lainnya. Ryan Higa contohnya, yang punya lebih dari empat juta pelanggan.

 

Ada hal baru yang kreatif dan segar dalam video keseharian mereka. Kalau dari segi fisik mereka tidak setampan Jason Statham, atau seimut para penyanyi K-Pop. Namun mereka adalah seniman yang muda yang tidak membosankan. Tidak membosankan karena mereka mengerjakan karya mereka tanpa tekanan. Kebanyakan produksi dilakukan dengan melibatkan teman-teman atau anggota keluarga. Seperti Kevin Wu yang banyak membuat video kesehariannya bersama ayahnya. Jadilah Mr. Wu, yang terkenal dengan sebutan Papa Jumba, memiliki basis penggemar di Facebook.  Menjadi selebritis Youtube tentu memiliki keuntungan tersendiri, yaitu mereka tidak perlu repot dengan paparazi, karena tidak ada media yang membeli cerita tentang kehidupan pribadi mereka.

 

Karena kealamiahannya, tayangan Youtube ini jadi menarik. Mereka memang bukan para aktor hebat, tapi cukup menghibur. Mereka tidak peduli dengan citra atau sikap, karena mereka tidak terikat pada label tertentu. Dengan menjadi bagian dari industri independen, mereka bisa bebas mengekspresikan diri.  Tayangan yang banyak saya lihat merupakan tayangan komedi dan musik. Benar-benar menghibur dan karya mereka adalah karya yang jujur. Jujur karena apa yang mereka sampaikan memang benar terjadi disekitar kita, walaupun dibawakan dengan gaya yang kocak.

 

Anak-anak ini memang menghasilkan banyak uang dengan menghasilkan jutaan orang yang melihat video mereka. Kebanyakan mereka memang pelawak. Mereka membuat video lucu tentang kesehariannya, atau membuat video parody. Bahkan mereka juga menjual beberapa single lagu di Itunes. Mereka juga menjadikan chanel mereka sebagai alat donasi, seperti JumbaFund dan The Supply. Makin banyak yang menyaksikan video mereka, makin banyak pulan uang yang dapat mereka sumbangkan. Contuhnya The Supply yang mendapatkan 500 Dolar Amerika dari donatur jika video mereka mencapai angka dua puluh ribu pemirsa, dan saat ini The Supply sudah menghasilkan lima ribu dolar Amerika untuk pembangunan sekolah di Kenya. Sedang JumbaFund sendiri telah menghasilkan lebih dari seribu dolar Amerika untuk disumbangkan ke Kenya.

 

Perkembangan internet pada sisi yang satu ini, terus terang sangat menguntungkan. Karena sebagai seorang penikmat karya seni, saya tidak harus ke bioskop untuk terhibur, Cukup di rumah, menyaksikan ulah para pelawak ini, sekaligus bisa berpartisipasi untuk kegiatan amal.

 

Bagi teman-teman yang ingin menikmati hiburan indie yang berkualitas, namun tetap dekat dengan keseharian kita, silahkan mengunjungi kanal KevJumba, JumbaFund, NigaHiga, Higa TV, atau kanal lainnya yang bisa kalian temukan di Youtube. Bagi mereka yang menyukai kegilaan unik bisa menginjungi kanal Fred atau Smosh. Dan bagi pecinta musik, ada KinaGrannis, Victorking, ChesterSee, DavidChoi, ChatyNguyen, dan banyak yang lainnya. Bagi yang menyukai fashion bisa mengunjungi kanal MichelePhan. Dan banyak kanal-kanal lain memang yang belum saya jelajahi.

Selamat menikmati santai bersama Youtubers….

4 thoughts on “Menurut Saya ……… Para Seniman Youtube

    • dyahikhsanti says:

      kalian harus kenalan dengan Niga Higa. Dia dapat tawaran untuk punya show sendiri di tv, tapi dia menolak karena mereka minta dia untuk menghapus semua video dia di You Tube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s